Selasa, 05 April 2011

AGAR LUKA CEPAT KERING


Kalau hanya lecet, nanti akan segera sembuh sendiri selama kamu menjaga kebersihan dan kehigienisan daerah yang terluka. Usahakan terhindar dari terkena air, tapi juga tidak boleh kotor, kalau memang perlu dilap dengan air, atau dibilas, jangan lupa segera dikeringkan dengan handuk bersih. Terus jangan digaruk-garuk, biasanya kan gatal tuh, apalagi dipencet-pencet, ini guna menghindari reaksi radang berlebih.

Antiseptik seperti iodine akan sangat bermanfaat.

Mungkin petikan artikel ini bisa berguna:

* Bersihkan luka dari segala jenis kotoran maupun kulit yang terkelupas atau terkoyak. Jika luka kotor, bersihkan dengan sabun lunak dan bilas dengan air yang mengalir. Setelah bersih bubuhi antiseptic atau setidaknya alkohol 70 persen (bukan 96 persen), lalu tutup. Jangan terlalu rapat, berikan celah agar udara masih bisa mengalir memapari luka.

* Luka yang ditutup secara rapat akan memperlambat pembentukan jaringan kulit baru, serta memproses pengeringan luka, sehingga luka tidak kunjung pulih. Selain itu, bagian tubuh yang terluka akan terancam tercemar infeksi tetanus yang ada di dalam luka. Infeksi anti tetanus bsa didapat dengan memberikan suntikan anti tetanus, kemudian setelah beberapa waktu bersilang bisa dilanjutkan dengan pemberian serum tetanus.

* Jika luka masih basah dan tampak cairan kuning, kemunginan luka terinfeksi. Jika terlanjur terinfeksi, luka biasanya menjadi basah berair, bernanah. Sebaiknya tidak ditutup, tidak pula diberikan salep atau krim, melainkan dikompres rivanol (bisa dibeli bebas di apotik) selama beberapa hari. Ganti kompres setiap kali kompres sudah mengering. Salep atau krim antibiotika baru dibubuhkan jika luka sudah kering betul. Luka basah yang diberi salep atau krim akan sukar sembuh. begitu juga luka yang sudah kering, tidak boleh dikompres.

* Luka yang ditutup dengan pembalut luka juga harus diperhatikan kebersihannya. Sebaiknya pembalut luka diganti sehabis mandi dan kembali dibubuhi obat antiseptic lagi. Usahakan juga luka tidak tercemar dengan air atau bahan lain yang bisa memancing timbulnya infeksi.

N.B: Jika luka hanya lecet tanpa darah, sebaiknya tidak perlu ditutup atau diperban, biarkan saja begitu, karena penggantian perban juga merusak pembentukan epitel kulit baru.

Semoga lekas sembuh.


1 komentar:

  1. nasehat bagus, thanks ya Non Sri

    salam kenal n sy mo ikuti nasehatnya krn sy lg luka lecet habis terserempet mobil nih.

    ayo mampir ke blog sy ya Non Sri.....!!

    http://kursuskursus.blogspot.com

    BalasHapus