Senin, 19 September 2011

Penyembuhan Psoriasis Secara Alami


Penyembuhan Psoriasis Secara Alami  









SAHABAT...
Pada Saat menulis ini saya terkena sporiasis sudah 3 bulan belum sembuh2, dan punya ketombe di kepala dari kecil sampai sekarang usia saya 37 tahun, dan ternyata penyakit kulit kepala saya bukan ketombe tapi sporiasis, akhirnya saya browsing  tentang  penyakit saya , dari beberapa artikel saya ambil yang sesuai dengan saya, oh ya saya juga berbekam semoga bermanfaat ya ....

Penyembuhan Psoriasis Secara Alami
Oleh: Dr. Iwan T. Budiarso , DVM, MSc, Phd, APU
 Psoriasis adalah nama penyakit kulit berasal dari bahasa Yunani yakni Psora yang artinya gatal. Namun tidak selalu kalau kegatalan itu harus bersamaan dengan psoriasis. Sebaliknya eksema biasanya selalu disertai gatal.
Apa itu psoriasis? Secara singkat, siklus pergantian lapisan kulit normal itu, biasa terjadi setiap 28 hari atau sebulan sekali. Namun pada psoriasis, proses pergantian kulit dipercepat antara 3-4 hari sekali.
Tipe Psoriasis Yang Sering Ditemukan
 * Bentuk vulgaris (Bentuk plak)
* Bentuk bentik bintik (Guttate)
* Bentuk Pada Bagian Lipetan (Flexura)
* Bentuk Menyebar luas atau Eritroderma (Seluruh kulit)
* Bentuk gelembung bernanah (Pustula))
* Bentuk Mengelupas (Exfoliative)
* Psoriasis Sendi (psoriasis yang diserta redang sendi)

Psoriasis itu penyakit tidak menular, hanya menyebabkan si penderita tidak nyaman, apalagi kalau sedang kumat, hingga pergaluan sosialnya bisa terganggu.

Data Statistik
Psoriasis bisa terjadi pada semua individu, tidak ada hubungan dengan jenis kelamin, etnik, warna kulit atau bangsa.
Penyakit ini bisa timbul kapan saja, dari bayi (jarang) sampai orang lanjut usia. Namun puncak umur rata rata adalah antara 15 dan 25 tahun. Kulit gelap lebih jarang kena psoriasis daripada kulit pucat atau putih. Secara statistik diperkirakan sekitar 2 % pendudk dunia bisa terjangkit psoriasis.

Mekanisme Terjadinya Psoriasis
Biasanya didahului dengan semacam luka memar atau benturan di salah satu bagian kulit tubuh, setelah kejadian itu, bagian yang kena trauma itu tidak kunjung sembuh. Bahkan sebaliknya makin memburuk dan mulai menyebar. Kemudian ada lagi luka memar di bagian kulit lain. Luka luka itu bisa tetap kecil dan menghilang atau sebaliknya melebar dan meluas. Setelah berjalan beberapa lama biasanya penyakit ini meluas, hingga orang itu mencari pengobatan.
Pada ibu sedang hamil, nampaknya penyakit ini seperti sembuh dan menghilang. Namun setelah melahirkan psoriaisisnya kembali kambuh lagi.

Apakah Seorang Penderita Psoriasis Itu Sehat?
Kebanyakan dokter menganggap psoriasis itu adalah hanya masalah pada bagian lapis kulit saja. Padahal itu tidak benar sama sekali. Perubahan pada bagian kulit hanya sebagai tanda awal permulaan dari suatu penyakit, Jadi penderita psoriasis itu sebetulnya bukanlah seorang yang sehat badani. Karena di bagian dalam tubuh ada yang tidak beres kerja dan fungsinya.

Terapi Yang Tersedia Sekarang
Cara pengobatan psoriasis sejak dulu sampai sekarang sangat banyak variasinya umpamanya seperti dengan obat luar, obat sistemik atau keduanya sekaligus. Fotokemoterapi seperti kombinasi antara obat dan disinar ultraviolet. Hasilnya sangat bervariasi, ada yang merasakan secara dramatis, akan tetapi ada pula yang merasakan seperti mendapat malapetaka. Seperti juga pada pengobatan penyakit lain ada yang sembuh ada pula yang tidak cocok.
Cara pengobatan ortodoks, biasanya menggunakan pengolesan obat luar, seperti salf, krim, dan lotion, tetapi teknik pelaksanaan bisa berbeda beda dari mulai dengan mandi ter (tar). Sampai fotokemoterapi. Dengan menggunaka senar lesser. Sekali lagi hasilnya tidak selalu konsisten dari berhasil sampai gagal dan tidak ada gunanya.
Zalf campuran steroid dan flourin, injeksi steroid, dan glukokortikosteroid sering juga digunakan, namun harus diawasi dan dipantau oleh dokter dengan ketat, sebab sering mengakibatkan efek samping yang buruk.
Haemodialisa cara untuk mencuci darah pada penderita gagal ginjal sudah pernah dicoba, tetapi dalam jangka panjang belum diketahui manfaatnya.

Aromatik Retinoid adalah obat seperti vitamin A. Pernah dicoba, hasilnya pada kondisi psoriasis yang parah kadang sangat mujarap sekali. Namun demikian cara pengobatan harus hati hati, karena jika menggunakan dosis tinggi, bisa menyebabkan radang pada bibir, rambut rontok, kekeringan pada mata ,mulut dan kulit.
Sinar Ultraviolet tipe A (UVA) bukan cara yang baik untuk menghilangkan psoriasis. Sebab jika terlalu berlebihan cara pakainya bisa menyebabkan efek samping muskil. Kalau juga mau menggunakan harus dilakukan dibawah pengawasan dokter atau di rumah sakit.

Sinar ultraviolet Tipe B (UVB) adalah yang paling banyak dipakai dan sudah digunakan lebih dari 50 tahun yang lalu. Penderita harus bisa bertoleransi terhadap sinar ini, hingga harus dimulai dengan dosis kecil dulu dan lambat laun dinaikan sampai dosis maksimun, dari mulai hanya beberapa detik terus dinaikan secara palahan lahan. Sebetulnya efek ultraviolet B ini sama dengan kalau anda berjemur dibawah sinar matahari saja. Sinar ini tidak menembus sampai di bawah kulit.
Methatrexate (MTX) adalah obat untuk kanker. Biasanya diminum pada penderita yang sangat muskil. Hati hati karena obat ini racun terhadap hati, maka harus dipantau terus agar fungsi hatinya tidak terganggu atau rusak.

Etretinate (Tergison) adalah obat yang relatif baru (1986). Ia adalah derivat dari Vitamin A. Bisa diminum sendriri atau dikombinasi dengan sinar ultraviolet. Hal ini dilakukan pada penderita yang sudah Bandel dengan obat obat lainnya yang terdahulu.
Activated Vitamin D Cream adalah penemuan terakhir (1999) dan menurut DR. Micheal Holick, Direktur Klinik Pusat Reset di fakultas kedokteran, Boston University,banyak penderita psoriasis mengalami penyembuhan yang luar bisa. Mudah-mudah obat ini akan disetujui oleh DIRJEN POM Amerika dalam waktu dekat.
Pengobatan dengan cara merendam dalam air Laut Mati di Israeli. Air laut ini jenuh dengan garam dan tidak satu makluk yang bisa hidup dalam air ini. Juga bisa menyebuhkan Psoriasis, sakit radang sendi dan rheumatiks, hanya saja harus tinggal lama di Isreal dan makan biaya besar.

Ada Cara Lain Untuk Psoriasis ?
Ya, Dr. John O.A. Pagano mendapat gagasan dan cara baru mengobati psoriasis. Ia memandang psoriasis bukan sebagai masalah penyakit kulit saja, tetapi menurutnya hal ini disebabkan karena ada sesuatu fungsi organ tubuh dalam yang tidak beres. Jadi pengobatannya bukan pada permukaan kulit, melainkan harus dimulai dari dalam yaitu dengan cara Alternatif lain. DR. Pagano menemukan bahwa penyebab psoriasis adalah akibat penyerapan racun dan toksin melalui dinding usus yang "menipis dan bocor". Jikalau kelainan pada dinding usus ini bisa diperbaiki dan tidak bocor lagi, maka tidak ada lagi racun dan toksin terserap kedalam tubuh dan merusak lapisan kulit.

Adakah Terapi Herbal Untuk Psoriasis ?
Ada, beberapa bulan yang lalu dalam majalah Trubus pernah dimuat, bahwa ada beberapa orang yang berhasil diterapi dnegan menggunakan tanaman obat yaitu dengan kapsul dan simplisia buah mahkota dewa. Disamping itu menurut Pakar pengobatan dari Yogyakarta Pegagan (Centela Asiatica) juga bisa membantu meringankan penyakit Psioriasis. Namun dalam pengobatannya perlu dikombinasikan dengan Sambiloto ataupun Meniran sebagai antibiotika alami.
  
       

Tips Cara Mengobati/Menyembuhkan Penyakit Psoriasis (Ganti Kulit) Secara Alami

Apabila ada di antara anda ataupun orang-orang yang ada di sekitar anda mengalami penyakit psoriasis yang mana penderitanya akan mengalami pergantian kulit yang terlalu cepat maka segeralah tangani secepatnya dengan cara yang alami yang relatif bebas dari berbagai efek samping yang membahayakan tubuh kita. Pakai saja daun kubis untuk menyembuhkan penyakit kulit psoriasis.
Cukup fungsikan daun kubis yang ada di bagian luar yang berwarna hijau dan tebal daunnya untuk kompres kulit-kulit penderita penyakit psoriasis. Daun kubis yang luar tebal warna hijau merupakan daun yang paling efektif terbaik untuk mengatasi / mengobati penyakit psoriasis. Selamat mencoba semoga lekas sembuh dengan kompres daun kubis.
SERING BERJEMUR DISINAR MATAHARI ( JAM 7 – 9 ) EFEKTIF UTUK PSORIASIS

PSORIASIS, Kulit Bersisik tanpa Gatal

Posted on  by nnuke
Psoriasis mengganggu penampilan karena bentuknya seperti bercak merah dan bersisik, tapi tidak terlalu gatal. Sisiknya lumayan tebal dan kadang rontok sendiri,” kata dr Budiastuti Kusharjuni SpKK, spesialis kulit dan kelamin Siloam Hospital Surabaya (SHS). Kalau digaruk, bercaknya menjadi seperti bekas lilin yang dikerik. Karena itu, gejala khas psoriasis disebut sebagai bercak lilin.
Biasanya, psoriasis muncul di tempat-tempat seperti lutut, siku, perbatasan antara batas terluar rambut dan wajah. “Paling sering bercak tersebut muncul di tempat-tempat yang sering tertekan,” kata Budiastuti. Tapi, psoriasis juga bisa menyerang kuku. “Kalau di kuku, muncul bintik-bintik putih, lalu perbatasan kulit jari dan kuku akan membengkak. Serta, kuku bagian atas agak terangkat atau njengat,” lanjutnya.
Penyakit kulit tersebut bersifat kronis dan mudah kambuh. Penyebabnya hingga kini belum diketahui. Tapi diduga tergolong penyakit autoimun terkait infeksi. “Bisa jadi infeksi di paru, gigi, dan beragam infeksi lain. Akibat infeksi tersebut, sistem imun tubuh akan terganggu,” jelas dokter berjilbab itu. Karena gangguan tersebut, pergantian kulit mati dengan baru yang normalnya terjadi setiap 27 hari menjadi lebih cepat. Yakni, 3 sampai 4 hari.
Itulah mengapa psoriasis bisa menyerang siapa saja. Tidak peduli orang tersebut menjaga kebersihan tubuhnya atau tidak. “Hampir setiap hari saya menemukan kasus ini. Penderitanya beragam. Ada anak-anak yang masih 7 tahun, remaja, hingga dewasa,” kata alumnus FK Unair angkatan 1978 itu. Budiastuti menegaskan, psoriasis bukan penyakit genetik. Jadi, penderita psoriasis tidak akan menurunkan penyakit tersebut kepada anaknya.

PENGOBATAN :
Mahkota Dewa ( Phaleria macrocarpa {Scheff.} Boerl.)
- Belah 3 ( tiga ) buah mahkota dewa segar, bijinya dibuang, lalu iris tipis2 dan jemur sampai kering ( Jika membeli di toko obat dalam bentuk keringnya, kira -kira 15 irisan ). Rebus simplisia ini dengan satu liter air dengan api besar. Setelah mendidih, kecilkan api dan rebus sampai air tersisa seperempatnya. Setelah dingin, saring dan minum airnya sehari dua kali, masing-masing separuhnya. Jika timbul gejala keracunan, turunkan dosis atau hentikan penggunaan.

TIP SEHAT:
·         Asam lemak Omega-3: berguna untuk mengatasi kondisi radang yang kronis. Bahan pangan kaya asam lemak omega-3, di antaranya salmon, sarden, makerel. Konsumsi juga suplemen flaxseed atau evening primrose oil.
·         Antioksidan: perbanyak konsumsi makanan yang berkhasiat antioksidan, yaitu bahan pangan yang banyak mengandung vitamin C, vitamin A (betakaroten), vitamin E, dan mineral (seng, magnesium, dan selenium.
Published on November 10, 2008 at 3:21 AM · No Comments

 Baru sekali sehari gel perawatan apakah yang tersedia pada hari ini resep untuk mengelupas, gatal dan nyeri yang disebabkan oleh psoriasis kulit kepala kondisi umum.

Xamiol gel (diucapkan "zamiol"), mengandung kalsipotriol dan betametason dipropionat, menggabungkan efek dari bahan D-seperti vitamin untuk membantu menormalkan kecepatan di mana sel-sel kulit yang diproduksi dan steroid untuk mengurangi peradangan.
Perawatan kulit kepala khas psoriasis meliputi tar batubara, dithranol, asam salisilat, krim steroid dan salep, serta vitamin D perawatan berbasis. Di masa lalu, pasien telah menyatakan ketidakpuasan mereka dengan perawatan tertentu, karena tidak efektif, sulit untuk menerapkan, membuat rambut terlihat kotor atau berbau kuat. Hal ini pada gilirannya dapat mempengaruhi kesediaan mereka untuk tetap pada rutinitas pengobatan. Ini kombinasi baru adalah gel hampir jelas dan tidak berbau yang hanya diterapkan sekali sehari: misalnya di malam hari, kemudian dibiarkan menyala sepanjang malam dan dicuci keesokan paginya.
"Asosiasi Psoriasis menyambut pengenalan terapi baru seperti Xamiol yang dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dan memperluas pilihan pengobatan untuk ini frustasi dan tradisional sulit untuk mengobati kondisi", komentar Helen McAteer, Information Officer untuk Asosiasi Psoriasis.
Dr Girish Gupta, Konsultan Dokter kulit dari Rumah Sakit Monklands, Lanarkshire menambahkan, "formulasi gel memudahkan bagi orang untuk menggunakan, sangat sering mereka dapat menghentikan pengobatan jika berantakan atau membuat rambut terlihat berminyak atau bau yang tidak enak Suatu pengobatan baru yang efektif akan. disambut oleh penderita kondisi kulit kepala tidak nyaman dan sering memalukan. 

Berdasarkan penelitian para dokter, ada beberapa hal yang diperkirakan dapat memicu timbulnya Psoriasis, antara lain adalah :
• Garukan/gesekan dan tekanan yang berulang-ulang , misalnya pada saat gatal digaruk terlalu kuat atau penekanan anggota tubuh terlalu sering pada saat beraktivitas. Bila Psoriasis sudah muncul dan kemudian digaruk/dikorek, maka akan mengakibatkan kulit bertambah tebal.
• Obat telan tertentu antara lain obat anti hipertensi dan antibiotik.
• Mengoleskan obat terlalu keras bagi kulit.
• Emosi tak terkendali.
• Sedang mengalami infeksi saluran nafas bagian atas, yang keluhannya dapat berupa demam nyeri menelan, batuk dan beberapa infeksi lainnya.
• Makanan berkalori sangat tinggi sehingga badan terasa panas dan kulit menjadi merah , misalnya mengandung alcohol.

  
Psoriasis Penyakit Kulit yang Menahun Akibat Autoimun

wordpress.com 
Palmerah, Warta Kota
Masyarakat lebih mengenali penyakit yang menyerang kulit, seperti lepra, kudis dan eksim. Namun ketika menyebut psoriasis, banyak yang belum mengenal penyakit seperti apa.
“Sebenarnya bukan penyakit langka tapi informasinya yang masih langka. Jangankan masyarakat biasa, para dokter saja sering salah diagnosa untuk psoriasis,” kata Pendiri Yayasan Peduli Psoriasis Indonesia (YPPI) Helena Bernadetha Intan dalam bincang-bincang mengenai psoriasis, Kamis (11/8).
Psoriasis merupakan suatu penyakit kulit menahun akibat gangguan kekebalan tubuh (autoimun) dimana terjadi penebalan kulit di berbagai tempat di tubuh seperti muka dan kulit kepala dan sel-sela kulit mati diproduksi secara berlebihan. Penyakit ini sulit disembuhkan.
Walaupun belum ada data pasti, diperkirakan jumlah penderita mencapai 1-2 persen dari populasi di dunia. Jika penduduk Indonesia mencapai 235 juta berarti diperkirakan ada sekitar 2-4 juta penderita psoriasis di Indonesia.

Penyebab dari psoriasis sampai sekarang masih belum diketahui secara pasti. Tetapi menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Danang T Soebaryo yang juga Ketua YPPI, pemicu timbulnya psoriasis bisa disebabkan stres, obat-obatan, hormon,infeksi, atau juga genetik.
Terdapat pelepasan substansi-substansi kekebalan tubuh sebagai akibat peningkatan aktivitas sel-sel imun di kulit yang merangsang produksi dari sisik, menyebabkan proliferasi yang berlebih dan peradangan kulit.
Ia menambahkan, gejala awal timbulnya psoriasis bisa seperti timbulnya ketombe di kepala. Namun jika diperhatikan ada perbedaan antara ketombe biasa dan gejala awal psoriasis (lihat boks). Namun adakalanya juga tidak dimulai dari kepala, tapi langsung di kulit atau persendian.
Sel-sel kulit sehat umumnya diganti setiap 28 hari, tetapi siklus ini pada pasien psoriasis hanyalah tiga sampai lima hari. Sehingga menyebabkan kulit yang berlebih terakumulasi pada permukaan dan menyebabkan penonojolan dengan sisik berwarna keperakan. Gejala lain rasa gatal dan kemerahan. Tapi secara umum sekitar 50-80 persen menderita psoriasis kulit kepala.
“Penyakit ini memang tidak menyebabkan kematian, tapi penyakit ini menurunkan kualitas penderita,” tegas dr Danang. Terlebih pada kasus psoriasis berat, di mana sekujur tubuhnya menderita bercak psoriasis serta juga menyerang persendian sehingga jika tidak digerakan lama-lama menderita kelumpuhan. Penyakit ini bisa menyerang segala usia. Dari data YPPI pasien termuda berusia 2 minggu dan tertua 90 tahun.
Sarah Sintanala (27) mengakui psoriasis menyebabkan hambatan pergaulan. Pasalnya masih banyak orang memandang jijik orang yang kulitnya kemerahan bercak, bersisik.
Ada kumpulan orang ketika saya datang langsung menyingkir. Bahkan sahabat saya yang sejak SMA saja tidak mau berdekatan dengan saya,” kata karyawan swasta yang bekerja sebagai distributor perlengkapan kecantikan ini.
Walaupun terlihat sembuh, pada tangan bagian siku hingga telapak tangan Sarah ada bercak-bercak putih bekas psoriasis. Bekas itupun, kata Sarah bisa masih mengganggu penampilan dan pergaulan.
Meskipun psoriasis merupakan penyakit kulit menahun yang sering kambuh, gejala psoriasis dapat disembuhkan dengan diagnosa yang tepat dan pengobatan yang terus menerus. Jika muncul gejala kecil kemerahan dengan plak tebal bersisik dan gatal pada kulit harus segera ke dokter.
Faktor makanan juga memegang peranan penting untuk proses kekambuhan. Menurut Helena, penderita juga harus menerapkan diet khusus. Seperti menghindari daging merah, gorengan, makanan yang diawetkan, durian, ayam broiler. Dari pengalamannya makanan tersebut jika dikonsumsi akan menjadi pemicu munculnya gejala psoriasis.
Selain makanan, perawatan kulit dari luar juga berperan. “Kulit penderita psoriasis itu sudah rusak,sehingga harus dirawat. Sayangnya produk kosmetik lokal belum menyediakan produk khusus psoriasis,” kata Helena yang harus mengimpor produk kecantikan dari Australia yang menyediakan khusus pasien psoriasis.
Ia mengakui harganya agak mahal. Namun agar tidak timbul kekambuhan, dilakukan berbagai cara. Secara khusus produk perawatan kulit yang dilakukan penderita psoriasis harus tidak mengandung whitening (pemutih), tidak diberi pengharum, pewarna. Sabunnya juga yang tidak mengandung soda. Kulit harus sering sering diberi lotion yang tidak mengandung bahan kimiawi tersebut. (lis)



gatal di kulit kepala

Bapak / Ibu Dokter yang terhormat, Ibu saya berumur 58 thn. beberapa hari belakangan ini, Ibu saya merasakan gatal dikepala yang teramat sangat. di alis mata juga. rambut Ibu sudah mulai jarang.apakah ini cuma alergi biasa aja atau gimana ya Dokter..soalnya ketika gatal betul- betul tidak tertahankan.saya mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan jawaban dari Bapak / Ibu Dokter.
Wa'alaikum Salam,Wr.Wb.

Saudariku Helvia yang terhormat, untuk jenis penyakit yang diterangkan sebelumnya adalah kemungkinan besar penyakit kulit yang disebut dengan Psoriasis. Psoriasis merupakan penyakit peradangan kulit yang bersifat kronis yang disebabkan oleh penyakit autoimun. Penderita psosirasis mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat. Normalnya sel kulit ari tumbuh dan berganti dalam waktu 28 hari. Namun, akibat gangguan sistem kekebalan, proses itu berlangsung 2-4 hari atau bisa terjadi lebih.

Gejala penyakit ini ditandai dengan munculnya bercak-bercak merah pada kulit, sisik kasar seperti perak berlapis-lapis dan tebal. Selain itu kulit terasa kencang atau tertarik, bahkan terjadi pendarahan pada kulit. Keluhan bisa disertai rasa gatal dan nyeri atau tanpa gatal. Psoriasis bisa muncul di semua bagian tubuh, seperti di kulit kepala atau bagian kulit yang berambut, di kuku, selaput lendir, di sendi, siku di kedua tangan, di daerah lipatan, punggung, lumbo sacral (di atas pantat), atau di area genital.

Psoriasis yang timbul di kulit kepala berupa plak yang menimbulkan sisik putih, persis seperti ketombe sehingga agak sulit dibedakan dengan penyakit jamur (kapitis), Penderita biasanya menganggap keluhan gatal dan sisik di kulit kepala sebagai ketombe, sehingga hanya diatasi dengan shampo anti ketombe atau justru dibiarkan saja. Terlebih penyakit ini bersifat residif atau timbul tenggelam. Setelah diperiksa baru diketahui itu psoriasis. Salah satu gejala psoriasis adalah rasa gatal atau sisik tidak hilang dan justru makin jelas setelah digaruk. Makin dikerok justru makin merangsang timbulnya sisik atau bercak kemerahan yang menjadi putih seperti lilin.

Untuk pengobatan penyakit ini anda dapat memberikan dua macam obat, yaitu obat-obatan yang diminum dan yang dioleskan pada tempat yang gatal. Seperti Anda dapat memberikan beberapa Produk Klinik Sehat seperti Habbat Extrac, Imunocaps, Aloena, Gen-C, Morindae dan madu.

Untuk penggunaan obat luar dapat dioleskan Minyak Yasfin Oil, menjaga pola makan, perbanyak air putih, sayur-mayur dan buah-buahan. Dan dianjurkan selalu mengkonsumsi makanan dan minuman hangat, mandi air hangat dan berjemur di pagi hari di antara jam 7-8 pagi. Insaya'Alloh bermanfaat !

Wassalamu'alaikum,Wr.Wb.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar